Selasa, 24 April 2012

Sudahkah kita bersyukur ?

Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan nikmat kepada kita semua, agar kita tergolong menjadi orang yang beriman. Bersyukur seperti dijelaskan dalam Surat Ibrahim.

S U R A T   I B R A H I M
14:7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Dalam ayat diatas dapat disimpulkan jika kita mensyukuri nikmat Allah maka Allah akan menambah nikmat-Nya. Jika tidak mau bersyukur maka akan disiksa oleh Allah. Sekarang kita sadari apakah kita sudah bersyukur atau belum. Kita diberi rejeki sudahkah kita infaqkan sebagian harta kita? Jika ada orang yang meminta sudahkah kita ikhlas memberinya?

Namun kita harus terhindar seperti yang disebutkan dalam Surat Ibrahim ayat 2 dan 3.

SURAT IBRAHIM
14:2. Allah yang memiliki segala apa yang di langit dan di bumi. Dan celakalah bagi orang-orang kafir karena siksaan yang sangat pedih.
14:3. (yaitu) orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan Allah itu bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.

Dari ayat diatas dapat disimpulkan jika kita lebih menyukai kehidupan dunia maka hukumnya kita termasuk orang yang kufur. Dan dijelaskan dalam ayat lain di surat yunus dibawah ini.

SURAT YUNUS
10:7. Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami,
10:8. mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan.

Oleh karena itu kita tidak boleh melalaikan ayat-ayat Allah.

S U R A T   A L - A ' R A F
7:40. Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.

Kesimpulan ayat diatas yaitu bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah tidak akan mungkin masuk ke dalam surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar