Rabu, 14 Maret 2012

Memahami Allah Maha Memelihara

Maha Memelihara itulah salah satu kesibukan Allah. Allah memelihara makhluk-Nya tiada henti. Bisa kita bayangkan jika Allah berhenti memelihara makhluk-Nya niscaya tidak ada kehidupan. Jika kita merenungkan diri kita, yang sebelumnya kita diciptakan kita belumlah bisa disebut, seperti yang disebutkan dalam ayat berikut :

SURAT AL INSAAN
76:1. Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

76:2. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

Dari ayat itu dijelaskan ketika kita belum diciptakan kemudian Allah menciptakan manusia dari mani. Pertemuan sel sperma dan sel telur di dalam rahim yang melalui proses yang panjang tentulah jika kita pikirkan ada yang memeliharanya yaitu Allah. Yang perlu kita pikirkan agar kita bisa bersyukur bagaimana proses itu berjalan dengan sempurna yang melibatkan pemeliharaan Allah. 

Jika kita pikirkan dari air mani yang bercampur kemudian menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, kemudian baru dibentuk menjadi manusia yang sempurna. Tentulah proses panjang ini ada yang memeliharanya. Kita bisa mensyukuri dari memperhatikan hal-hal yang sekecil demikian. Jika dipahami betapa lemahnya kita ketka kita memikirkan kejadian diri kita, kemudian bisa bersyukur karena Allah telah memberikan anugerah yang amat besar sehingga kita bisa memahami pencipta kita yang Maha Memelihara. Kita dijadikan manusia yang sempurna yang dilahirkan di muka bumi dan Allah masih tetap memelihara diri kita. Hal ini dibuktikan kita masih diberi makan, minum, kesenangan kehidupan dunia dan sebagainya.

Inilah Allah selalu memelihara makhluk-Nya tiada henti sehingga kehidupan terus berjalan. Sejak Allah menciptakan Alam Baqa dan seluruh isinya dan Allah menciptakan Alam Fana dan seluruh isinya tentulah Allah selalu memelihara. Buktinya sampai saat ini semua ciptaan Allah masih terlihat dan masih kita rasakan. 

Hal demikian Allah mengurusi seluruh makhlauk-Nya tanpa kecuali. Kalau kita pikirkan ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa yang diluar jangkauan manusia. Memelihara hal yang sangat rumit yang mana kita mungkin tidak pernah memikirkannya itu bagi Allah sangat kuasa.

Di dalam kehidupan kita Allah telah mengatur memberikan petunjuk kepada kita lewat Al Qur'an seperti yang dijelaskan dalam ayat berikut :

S U R A T   A L - H I J R
15:9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Dari ayat diatas disimpulkan bahwa Allah benar-benar memelihara apa-apa yang terkandung dalam Al Qur'an. Marilah kita sebagai makhluk selalu bisa bersyukur karena kita makhluk yang lemah ini, hidup kita dipelihara oleh Allah dan sudah sepantasnya kita bersyukur pada Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar