Senin, 12 Maret 2012

Allah Adalah Zat, Yang Maha Esa

Keberadaan nama-nama Allah di sini bukan berarti nama itu yang disembah, karena nama hanyalah lafal yang terdiri dari huruf dan suara tetapi yang disembah adalah Zat yang mempunyai nama itu seperti yang disebutkan dalam Surat Al Ikhlas berikut :

QS. Al-Ikhlas (112). 
"Dia-lah Allah, Yang Maha Esa; Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu; Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".
 
QS. Yunus 10:31
Katakanlah : ”Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan...?” Maka mereka akan menjawab: ”Allah”. Maka katakanlah : ”Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”
 
QS. Yunus 10:32.
Maka (Zat yang demikian) itulah Allah Tuhan kamu yang sebenarnya; maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kamu dipalingkan (dari kebenaran)...?

Allah memberitahukan bahwa Allah itu adalah ”Zat”,
dalam QS. Al-Ikhlas (112):1. Katakanlah: ”Dia-lah Allah”, Yang Maha Esa,...
juga di 
QS. Al-Baqarah 2:163, "Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 

QS. Al-’Ankabuut 29:46. "Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan katakanlah: "Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri." dan 

QS. Asy-Syaaffaat 37:4. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Esa.

Berarti dari kesimpulan sementara ayat diatas adalah Allah adalah Zat, Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar