Kamis, 15 Maret 2012

Allah Menciptakan Dua Alam

Allah ingin dikenal makhluk-Nya, maka Allah mencipkan makhluk yang tujuannya agar makhluk itu mengenal Tuhannya. Oleh karena itu Allah menciptakan Alam untuk menempatkan makhluk-Nya. Penciptaan alam dijelaskan oleh Allah di ayat berikut :

S U R A T   A L - A ' R A F
7:54. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

S U R A T   Y U N U S
10:3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorang pun yang akan memberi syafaat kecuali sesudah ada izin-Nya. (Zat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?

S U R A T   H U U D
11:7. Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah Arasy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata".

S U R A T   A L - F U R Q A A N
25:59. Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia.

S U R A T   A S - S A J A D A H
32:4. Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolong pun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

S U R A T   Q A A F
50:38. Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikit pun tidak ditimpa keletihan.

S U R A T   A L - H A D I D
57:4. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; Kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Memahami penciptaan Allah langit dan bumi dalam enam masa sebenarnya Allah menciptakan dalam dua alam yaitu Alam Fana dan Alam Baqa. Proses penciptaan isi alam Baqa dan alam Fana tersebut anatara lain :
  1. Penciptaan Alam Baqa
  2. Penciptaan Isi Alam Baqa
  3. Penciptaan Alam Fana
  4. Penciptaan Isi Alam Fana
  5. Penciptaan Jin
  6. Penciptaan Manusia
Penciptaan Alam Baqa dan Isi Alam Baqa merupakan penciptaan alam ghoib. Alam ini tidak terlihat oleh pandangan manusia namun alam ini nyata adanya, cuma penglihatan manusia tidak mampu menembusnya. Isi alam Baqa meliputi 7 (Tujuh) Planet Surga dan 7 (Tujuh) Planet Neraka yang merupakan tempat kita yang kekal dan abadi setelah hari kiamat. Kita akan berada di salah satu planet tersebut sesuai dengan amal yang kita perbuat di dunia.

Penciptaan Alam Fana dan Isi Alam Fana adalah penciptaan Allah yang berada di Alam Fana. Di Alam Fana ini ada yang bisa kita lihat dan ada juga yang penglihatan kita tidak mampu menembusnya. Namun ada beberapa manusia yang diberi kelebihan melihat bagian alam Fana yang ghoib. Dicontohkan Isi alam Fana antara lain manusia, tumbuhan, binatang, air, udara, api, jin, alam jin, dan nirwana. Alam jin dan jin berada di Alam fana yang tidak terlihat oleh penglihatan manusia biasa. Namun ada beberapa manusia yang bisa melihat jin dan melihat alam jin.

Untuk lebih jelasnya akan di jelaskan di Dimensi Ruang Alam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar